Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:28:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-05-29T07:56:39Z2019-01-30T14:13:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49336This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/493362017-05-29T07:56:39ZPENERAPAN BAHAN AJAR KIMIA MINYAK BUMI TERINTEGRASI
KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN
LITERASI SAINS SISWA SMK KELAS XI PROGRAM STUDI
TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) ada tidaknya perbedaan minat
belajar siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia
minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; 2) ada tidaknya
perbedaan tingkat literasi sains siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan
menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik
Otomotif; dan 3) tanggapan siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarya terhadap bahan ajar
kimia terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif yang dikembangkan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR (Teknik Kendaraan
Ringan) SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sampel yang diambil adalah dua kelas secara
cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes,
dan observasi. Instrumen dianalisis menggunakan uji analisis n-gain, uji prasyarat,
dependent t-test, independent t-test, dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan minat belajar siswa di
SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak bumi
terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; 2) ada perbedaan tingkat literasi sains
siswa di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan menerapkan bahan ajar kimia minyak
bumi terintegrasi konteks kejuruan Teknik Otomotif; dan 3) tanggapan siswa di SMK
Negeri 2 Yogyakarta terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan Teknik
Otomotif yang dikembangkan termasuk kategori baik.Avionita Pramesari