Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:21:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-21T02:52:25Z2019-01-30T07:26:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31547This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/315472016-04-21T02:52:25ZPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJOPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJO
Oleh:
Pram Satyo Aji
NIM. 08520244070
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap prestasi belajar serta mendapatkan bukti-bukti bahwa penggunaan media pembelajaran bentuk Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran TIK di SMA N 6 Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata nilai pretest dari kelompok eksperimen dan kontrol didapat bahwa tidak ada pengaruh /perbedaan hasil sebelum pembelajaran/perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 hasilnya jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 yang dapat ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6,168 > 2,000. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest yang dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata posttest yaitu 74,62 < 84,8 yang berarti terjadi peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jadi hasil uji hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Macromedia Flash 8, teknologi informasi dan komunikasi, prestasi belajarSatyo Aji Pram