Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:42:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-22T00:27:03Z2019-01-29T22:37:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19108This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/191082015-05-22T00:27:03ZKEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGPUCUNG CILACAPPenelitian dengan judul “Keefektifan Teknik Storyboard dalam
Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Karangpucung Cilacap” bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan
menulis naskah drama pada siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah
drama menggunakan teknik storyboarddan pembelajaran menulis naskah drama
tanpamenggunakan teknik storyboard pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Karangpucung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan
penggunaan teknik storyboard dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
pretestt-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah
penggunaan teknik storyboard dan keterampilan menulis naskah drama siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Karangpucung Cilacap. Sampel penelitian adalah kelas VIIB dan VIIIC. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes menulis naskah drama. Validitas instrumen yang
digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan
dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai
reliabilitas 0,880 yang lebih besar dari koefisien 0,6. Teknik analisis data
dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat
normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor
posttest menulis naskah drama siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Pada kelompok kontrol terdapat 5 siswa yang mendapat skor rendah, 26 siswa
mendapat skor sedang, dan 1 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok
eksperimen tidak ada siswa yang mendapat skor rendah, 18 siswa mendapat skor
sedang, dan 14 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis naskah dramakelompok kontrol
dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen
menghasilkan thitung sebesar -7,965 dengan df 31 dan ttabel 2,042 pada taraf
signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik storyboard efektif
digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama karena nilai thitung< -ttabel (-7,965
< -2,042). Berdasarkan hasil tersebut, maka teknik storyboard efektif
digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 1
Karangpucung Cilacap.Mufti Prakoso