Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:15:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-04T08:21:01Z2019-01-30T12:35:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45439This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/454392017-01-04T08:21:01ZIMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH SEHAT
DI SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Sekolah Sehat di SD N Tegalrejo 1 Yogyakarta dan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program sekolah sehat.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Ketua Pengurus UKS, Petugas Puskesmas, Guru Olahraga dan Ketua Dokter Kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis Miles dan Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yaitu, (1) Implementasi program sekolah sehat berpedoman pada Trias UKS yaitu: Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Kesehatan. Adapun komponen-komponen implementasi yang diteliti, a) adanya komunikasi dari pihak internal dan eksternal, b) sumber daya manusia yang sejalan dengan program, sumber keuangan, sarana prasarana yang cukup, c) komitmen dari pihak internal sekolah dan eksternal, d) struktur birokrasi yang sesuai pedoman. Faktor pendukung adanya komitmen dari berbagai pihak, adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antar warga sekolah. Faktor penghambat yaitu pemahaman tentang tata tertib di sekolah, keterbatasan waktu dari petugas Puskesmas untuk mensosialisasikan/membimbing siswa tentang pendidikan kesehatan.
Kata Kunci : Implementasi Program, Sekolah SehatHerdita Nurha Pradika