Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:32:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-07-22T03:48:40Z2019-07-22T03:48:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64655This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/646552019-07-22T03:48:40ZPEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES DI KALANGAN GURU PJOK SMP SE-KABUPATEN GUNUNGKIDULPenelitian ini untuk mengetahui tingkat pemanfaatan media pembelajaran
berbasis Information and Communication Technologies di kalangan guru PJOK
SMP se-kabupaten Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan
metode survey. Instrumen yang digunakan berupa angket. Subyek penelitian ini
adalah guru PJOK SMP se-kabupaten Gunungkidul, dengan jumlah keseluruhan
106 guru dari 92 sekolah. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif dengan
menuangkan frekuensi dalam bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media
pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies di kalangan
guru PJOK SMP se-kabupaten Gunungkidul diperoleh hasil kategori “tinggi”
sebesar 80.2%, kategori “sedang” sebesar 16% dan kategori “rendah” sebesar
3.8%. Dari hasil di atas pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT di kalangan
guru PJOK SMP se-kabupaten Gunungkidul masuk dalam kategori tinggi, karena
guru pendidikan jasmani sudah mencapai tahap sarjana sehingga mampu
memanfaatkan media berbasis ICT di dalam kelas dan di luar kelas sesuai dengan
materi pembelajaran, tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran.Hendri Prabowo