Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:03:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-19T03:10:33Z2019-01-29T23:48:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21010This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/210102015-06-19T03:10:33ZPENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN
SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X MULTIMEDIA
SMK NEGERI 1 MAGETANPENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN
SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS X MULTIMEDIA
SMK NEGERI 1 MAGETAN
Oleh:
Prabaria Vesca Yulianandra
NIM. 10520241017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Magetan.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Magetan. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X Multimedia yang berjumlah 37 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital khususnya pada pokok bahasan penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap paska produksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 60,52%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I sebesar 78,57%. Rata-rata persentase keaktifan siswa pada siklus I yaitu sebesar 69,55%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase keaktifan siswa sebesar 66,31%. Pada pertemuan kedua siklus II, persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 82,05%. Rata-rata persentase keaktifan siswa pada siklus II yaitu 77,41%. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X Multimedia pada mata pelajaran Simulasi Digital.
Kata Kunci: Keaktifan, Simulasi Digital, Numbered Heads Together (NHT)Vesca Yulianandra Prabaria