Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:30:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-28T00:48:47Z2019-01-30T03:38:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26500This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/265002015-09-28T00:48:47ZMOTIVASI SISWA KELAS IV DAN V TERHADAP
PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL
DI SD NEGERI JETAK KECAMATAN
GODEAN KABUPATEN SLEMANPermasalahan penelitian adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Jetak
Kecamatan Godean Kabupaten Sleman yang dalam pembelajaran Penjaskes
belum maksimal dan kurang termotivasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis
motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan bola kecil di SD
Negeri Jetak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV dan V SD Negeri Jetak
Kecamatan Godean Kabupaten Sleman sejumlah 49 siswa. Instrumen penelitian
adalah angket model tertutup sebanyak 25 butir pernyataan. Uji validitas dengan
teknik pengujian validitas konstruk. Teknik analisis data secara deskriptif
kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas IV dan V
terhadap pembelajaran permainan bola kecil di SD Negeri Jetak Kecamatan
Godean Kabupaten Sleman untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 8 siswa
(16,3%); kategori “tinggi” sebanyak 18 siswa (36,7%); kategori “sedang”
sebanyak 17 siswa (34,7%); kategori “rendah” sebanyak 4 siswa (8,2%) dan
kategori “sabgat rendah” sebanyak 2 siswa (4,1%). Gambaran motivasi siswa
yaitu siswa memiliki keinginan untuk belajar, dirasa memberi manfaat
mempelajari permainan bola kecil, dan lingkungan yang mendukung
menunjukkan proses motivasi menjadi meningkat pada pembelajaran permainan
bola kecil.Ponimin