Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:42:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-01-10T01:52:14Z2019-01-29T18:04:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9388This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/93882013-01-10T01:52:14ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPETHINK PAIR SHARE(TPS)TERHADAP PENINGKATAN
MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA
PESERTA DIDIK KELASX SMA N 2 KROYA
TAHUN AJARAN 2011/2012Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan
peningkatan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kimia peserta
didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share, untuk pembelajaran hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 2
Kroya tahun ajaran 2011/2012.
Berdasarkan tujuan, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan
desain satu faktor (model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share) dan dua
sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Populasi dari penelitian ini adalah
peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kroya tahun ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 134 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X.1 (kelas eksperimen) dan kelas
X.3 (kelas kontrol). Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data motivasi
belajar yang dianalisis dengan uji-t dan data prestasi belajar kimia peserta didik
yang diuji dengan uji anakova.
Hasiluji-t sama subjek untuk motivasi peserta didik diperoleh nilai t
0
sebesar 3,452 dengan p=0,002 (p<0,05). Hal ini menunjukanada perbedaan
peningkatan yang signifikan antaramotivasi belajar kimiapeserta didiksebelum
dan sesudah proses pembelajaran kimia dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Hasil anakova
menunjukkan bahwa ada perbedaanpeningkatanyang signifikan antara prestasi
belajar kimiapeserta didikyang mengikuti pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare (TPS), denganpeserta didikyang
mengikuti pembelajaran tanpamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think PairShare (TPS), jika pengetahuan awal peserta didikdikendalikan secara
statistik (F0=5,988> Ftabel=3,99dan p
hitung=0,016).Aribowo Pogoh