Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:30:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-13T08:14:49Z2019-10-01T11:51:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36340This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/363402016-07-13T08:14:49ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 11 AGUSTUS - 11 SEPTEMBER 2015
DI SMP N 1 PAKEMPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan strategi untuk melengkapi
kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. PPL bertujuan untuk
memberikan pengalaman kepada mahasiswa baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan dalam rangka melatih dan
mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Melalui PPL mahasiswa
dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari
lapangan. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa
didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan
dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun
kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pakem
mulai tanggal 11 Agustus hingga 11 September 2015. Kegiatan yang telah
dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan RPP, dan pembuatan media
pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek
mengajar dimulai dari tanggal 20 Agustus 2015 sampai tanggal 10 september 2015.
Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 7 dan 8) di kelas
VII C dan Kamis (Jam ke 7 dan 8) di kelas VII C mengajar pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial dengan materi “Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia”
(Mendiskripsikan kehidupan pada masa Pra-Aksara di Indonesia). Pengajaran
dilakukan dengan cara Mengajar Terbimbing.
Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun
ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut
dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. Namun,
hal ini secara umum tidak mempengaruhi kinerja praktikan dalam melaksanakan
programnya. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2015 ini tidak lepas dari
adanya kerjasama yang baik antara pihak mahasiswa, guru, karyawan dan siswa SMP
Negeri 1 Pakem.Pitri Dwi Astuti Pitri Dwi Astuti