Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:16:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-28T01:01:22Z2019-10-01T12:03:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37806This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/378062016-07-28T01:01:22ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SD N PANGGANG
Panggang, Argomulyo, Sedayu, BantulProgram Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari
kurikulum di Universitas Negeri Yogyakarta bagi mahasiswa jurusan kependidikan
sebagai kegiatan latihan mahasiswa yang bersifat intrakulikuler . Kegiatan ini
mencakup kegiatan praktek mengajar dan kegiatan persekolahan yang lain dalam
rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang profesional
yang meliputi 4 aspek.
Kegiatan PPL dilaksanakan dalam beberapa tahap, yakni PPL 1 dan PPL 2.
Kegiatan PPL 1 meliputi micro teaching, peer teaching dan ujian micro dilaksanakan
selama semester 5 di kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL 2 meliputi
praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali, mandiri selama 2 kali, dan ujian PPL
selama 2 kali dilakukan di SD N Panggang mulai tanggal 2 Juli 2012 hingga 17
September 2012, dilaksanakan secara bertahap, yaitu mulai dari persiapan yang
berupa observasi pembelajaran di kelas dan pembuatan persiapan mengajar. Hasil
kegiatan PPL mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapkan ilmu
pengetahuan dan praktek keguruan dalam teori kependidikan secara terpadu dan
dapat digunakan sebagai bekal menjadi calon guru yang profesional.
Laporan PPL ini berisi antara lain : analisis situasi sekolah, perumusan
program dan rancangan PPL, membuat rancangan pembelajaran atau RPP,
pelaksanaan praktek mengajar, analisis hasil dan refleksi pembelajaran setelah
selesai praktik mengajar terbimbing dan mandiri, hambatan dan kendala yang ditemui
dalam pelaksanaan PPL disertai pemecahannya. Dengan semua program kegiatan
yang telah dilaksanakan oleh penyusun dan dituliskan dalam bentuk laporan PPL,
penyusun berharap dalam laporan ini dapat menggambarkan kegiatan PPL dan dapat
menjadikan kegiatan PPL tersebut sebagai wadah untuk memaksimalkan semua
potensi yang penyusun miliki. Selain itu juga membantu upaya pemerintah dalam
meningkatkan kualitas SDM melalui pembangunan pendidikan.Pintoro Adi Saputro Pintoro Adi Saputro