Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:36:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-16T02:56:51Z2017-01-16T02:56:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45896This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/458962017-01-16T02:56:51ZINTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAHSejarah memberikan pelajaran yang amat berharga. Betapa perbedaan, pertentangan, pertukaran pikiran, dan peristiwa bangsa yang begitu kompleks itulah yang sesungguhnya mengantarkan kita ke gerbang kemerdekaan. Oleh karena itu, pelajaran sejarah disekolah dapat menjadi sesuatu yang amatlah penting. Tantangan saat ini dan ke depannya bagaimana kita mampu memperbaiki segala persoalan yang terjadi selama ini di dalam pembelajaran sejarah. Dan guru juga mampu menginternalisasikan nilai-nilai multikulturalisme kedalam pembelajaran sejarah agar mampu membuat para siswanya menghargai keberagaman dan memiliki kesadaran multikultural. Internalisasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah dapat berfungsi sebagai salah satu upaya membangun pola pikir siswa agar mampu mengakui dan menghargai keberagaman dalam suatu bingkai kesederajatan. Relevan dengan kondisi bangsa Indonesia yang multi kultur dan sejarah Indonesia yang juga dibangun atas perjuangan bersama dari berbagai etnis dan suku bangsa di tanah air.
Oleh karenanya tulisan ini dimaksudkan untuk mencoba menguraikan bagaimana kondisi pembelajaran sejarah di sekolah dan menjelaskan tentang bentuk-bentuk internalisasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah di sekolah.
Kata Kunci : Multikulturalisme, Pembelajaran SejarahPiki Setri Pernantah, S.Pd Piki Setri Pernantah, S.Pd