Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:39:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-20T08:10:14Z2019-01-30T14:20:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50074This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/500742017-06-20T08:10:14ZPENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN
KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOMARTANIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri Purwomartani.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitan ini dilaksanakan di SD Negeri Purwomartani dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan variabel bebas yaitu metode mind mapping. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan t-test untuk melihat perbedaan pemahaman konsep kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri Purwomartani. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil t-test pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sig 0,014 < 0,05 dan thitung 2,548 > ttabel 2,006. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan metode mind mapping dan siswa yang diajar dengan metode konvensional.Anggun Intan Permatasari