Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:02:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-07T02:27:52Z2019-01-29T20:22:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15515This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/155152015-04-07T02:27:52ZIMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS WEB
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN
PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas eksperimen; 2) motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir peserta didik di kelas kontrol; 3) motivasi belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; dan 4) prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan cara purposive cluster sampling. Sampel terbagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menerapkan multimodal learning kooperatif tipe group investigation berbasis web sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation tanpa web. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal post-test, dan angket motivasi belajar kimia. Hipotesis penelitian diuji dengan paired samples t test, independent sample t test, dan univariate analysis of variance.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas eksperimen, motivasi belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Akan tetapi, hasil penelitian juga menunjukkan tidak ada perbedaan motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas kontrol.
Kata Kunci : Multimodal, group investigation, web, motivasi, dan prestasi belajarHesty Parbuntari2015-03-25T01:17:53Z2019-01-29T19:20:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13796This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/137962015-03-25T01:17:53ZIMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas eksperimen; 2) motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir peserta didik di kelas kontrol; 3) motivasi belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; dan 4) prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan cara purposive cluster sampling. Sampel terbagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menerapkan multimodal learning kooperatif tipe group investigation berbasis web sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation tanpa web. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal post-test, dan angket motivasi belajar kimia. Hipotesis penelitian diuji dengan paired samples t test, independent sample t test, dan univariate analysis of variance.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas eksperimen, motivasi belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Akan tetapi, hasil penelitian juga menunjukkan tidak ada perbedaan motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas kontrol.Hesty Parbuntari