Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:04:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-15T02:48:20Z2019-01-30T12:17:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44605This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/446052016-12-15T02:48:20ZPENINGKATAN
KREATIVITAS
SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH
DALAM
MEMAHAMI KONSEP SENSOR DAN AKTUATOR
DENGAN METODE
MIND MAPPINGPenelitian ini bertujuan
untuk
mengetahui peningkatan
kreativitas
yang dibagi
menjadi peningkatan penunjang
kreativitas
dan sikap pendukung
kreativitas
siswa
kelas XI SMK N 2 Pengasih setelah diterapkan metode pembelajaran
mind
mapping
.
Pene
litian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (
classroom action
research
). Subjek dari p
enelitian ini adalah siswa kelas X
I
Teknik Elektronika
Industri tahun ajaran 2014/2015 di SMK Negeri 2 Pengasih yang berjumlah 32
siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dal
am
penelitian ini menggunakan
lembar observasi
kreativitas
dan dokumentasi
. Metode
yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
metode
mind mapping
dapat
meningkatkan
kreativitas
siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran
sensor dan aktuator. Peningkatan
kreativitas
meliputi peningkatan
penunjang
kreativitas
dan sikap pendukung
kreativitas
. Rata
-
rata
presentase
komponen
penunjang
kreativitas
siswa pada setiap siklus mening
kat dari 65,94% menjadi
88,44%.
Rata
-
rata presentase sikap pendukung
kreativitas
siswa pada setiap siklus
meningkat dari 66,50% menjadi 87,13%.
Kata kunci:
Mind Mapping
,
kreativitas
,
sensor dan aktuatoSutowo Panji