Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:07:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-08-21T06:26:56Z2019-01-30T16:52:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58484This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/584842018-08-21T06:26:56ZTINGKAT KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PLT
PRODI PJKR DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017Penelitian ini di latar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat
keterampilan mengajar mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten tahun
2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan mengajar
mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten tahun 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar
angket. Subjek penelitian ini adalah semua mahasiswa PLT prodi PJKR di
Kabupaten Klaten yang awalnya berjumlah 16 orang, namun ada yang gugur 1
orang maka menjadi 15 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah
lembar angket yang berjumlah 40 butir, peneliti menggunakan spss untuk uji
validitas dan reliabilitas , sehingga instrumen tersebut menjadi valid dan reliabel.
ada 10 faktor keterampilan dasar mengajar, dengan kriteria skor adalah sangat
baik,baik, sedang, kurang baik dan sangat kurang. Teknik analisis yang dilakukan
adalah teknik analisis data deskriptif kuantitaif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan mengajar
mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten tahun 2017 sebagian besar
dikatakan “baik”, berikut didapatkan hasil bahwa tingkat keterampilan mengajar
‘”sangat kurang” sebesar 6,67% (1 mahasiswa), “kurang” 26,66% (4 mahasiswa),
“sedang” 26,66% (4 mahasiswa), “baik” 40,00% (6 mahasiswa), dan “sangat
baik” 0% (0 mahasiswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat
keterampilan dasar mengajar mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten
tahun 2017 sebagian besar ke dalam kategori “baik”.Ricardo Putra Pamungkas