Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:19:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2023-08-22T04:26:02Z2023-08-22T04:26:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78525This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/785252023-08-22T04:26:02ZPengembangan Instrumen Tes Akurasi Difabel “Wheelchair” Bulu TangkisPenelitian ini bermaksud untuk (1) Mengembangan instrumen tes akurasi pada atlet bulutangkis kursi roda. (2) Menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes akurasi bulutangkis kursi roda. (3) Menguji seberapa praktis serta kelayakan instrumen tes akurasi atlet bulutangkis kursi roda.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Desain penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu 4D, Define, Design, Development, dan Dissemination. (1) Define (Pendefinisian) : melakukan analisis kebutuhan dengan pelatih dan observasi lapangan, (2) Design (Perancangan): merancang pedoman tes, (3) Development (pengembangan) : mengembangkan model tes akurasi bulu tangkis kursi roda, (a) Uji validitas isi dengan 2 dosen ahli dan 3 pelatih bulu tangkis kursi roda, (b) Uji reliabilitas dengan uji cob ates dilakukan oleh 10 atlet dan 2kali percobaan, (c) uji kepraktisan dan kelayakan dengan angket yang diisi oleh 10 atlet dan 5 pelatih. (4) Dissemination (Penyebaran) : menyebar luaskan instrument tes dan pedoman tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Uji validitas dan reliabilitas : validitas isi dari (1) service backhand: 0.85-1.00, (2) flick service: 0.85-1.00, (3) netting backhand: 0.85-1.00, (4) netting forehand: 0.85-1.00, (5) dropshot: 0.85-1.00, (6) lob : 0.85-1.00, artinya keseluruhan item memiliki tingkat validitas isi yang baik, reliabilitas nilai signifikansi (1) service backhand: 0.005, (2) flick service: 0.001, (3) netting backhand : 0.000, (4) netting forehand: : 0.000, (5) dropshot: : 0.000, (6) lob : 0.002 nilai signifikansi <0.05, dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut memiliki korelasi yang baik atau memiliki tingkat reliabilitas yang baik antara tes 1 dan 2. Uji kepraktisan dan kelayakan menunjukkan hasil rata-rata dalam kategori 90%-100%, yang artinya instrument tes praktis dan sangat layak.Maulana Aditya Pamungkas2019-12-02T08:13:21Z2019-12-02T08:13:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66820This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/668202019-12-02T08:13:21ZPENGEMBANGAN APLIKASI PERWASITAN BULUTANGKIS BERBASIS ANDROIDPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa aplikasi
perwasitan bulutangkis berbasis android. Aplikasi perwasitan bulutangkis berbasis
android ini terlebih dahulu divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 10 langkah dalam
melaksanakan pengembangan dan menggunakan metode purposive sampling,
dengan uji coba produk menggunakan total 40 responden, dari uji coba kelompok
kecil 10 responden, dan 30 responden dari uji coba skala besar yang mencangkup
wasit, pelatih, atlet dan pelaku awam bulutangkis untuk uji coba produk, uji coba
di lakukan di UKM Bulutangkis Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 15
Oktober 2019.
Berdasarkan dari validasi ahli, kelayakan dari aplikasi perwasitan
bulutangkis berbasis android ini meliputi: dari ahli materi 89,58% dan ahli media
97,22%. Dari uji coba produk diperoleh kelayakan sebesar 91,13%. Secara
keseluruhan aplikasi perwasitan bulutangkis berbasis android ini layak digunakan
untuk panduan memahami dan mempelajari bagaimana menjadi seorang wasit
bulutangkis yang bijaksana dalam memimpin permainan, menjadi seorang pelatih
yang bijak dalam melihat dan menerima keputusan wasit begitu juga seorang atlet
dan penikmat bulutangkis.Maulana Aditya Pamungkas