Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:39:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-04-10T06:54:14Z2019-04-10T06:54:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63460This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/634602019-04-10T06:54:14ZIMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI OD SMK YAPPI WONOSARIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas XI OD SMK YAPPI Wonosari pada mata pelajaran
pemeliharaan mesin kendaraan ringan melalui implementasi model problem based
learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain
Kemmis dan Taggert yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di
SMK YAPPI Wonosari dengan subjek penelitian siswa kelas XI OD. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Validasi instrumen
menggunakan pendapat ahli (expert judgment) dan uji validasi Pearson Product
Moment untuk instrumen angket dan korelasi biserial untuk instrumen tes.
Reliabilitas intrumen menggunakan Alpha Cronbach dengan harga r = 0.905 untuk
angket dan uji reliabilitas Kuder Richardson 20 (KR-20) dengan harga r = 0.731
untuk instrumen pretest siklus 1, harga r = 0.733 untuk instrumen posttest siklus 1,
harga r = 0.801 untuk instrumen pretest siklus 2 dan harga r = 0.679 untuk intrumen
posttest siklus 2. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif
kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil sehingga siklus dapat dihentikan
apabila terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar dari siklus satu ke siklus
berikutnya, hasil belajar dari 75% jumlah siswa mampu memenuhi KKM (kriteria
ketuntasan minimal) sebesar 75 dan 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai
motivasi diatas 75.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI OD
SMK YAPPI Wonosari pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan
meningkat setelah digunakan model problem based learning. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya hasil belajar dan motivasi belajar. Hasil belajar pada siklus
1 meningkat dari 77 menjadi 82.96 dengan persentase ketuntasan 62.96% dan pada
siklus 2 meningkat dari 82.96 menjadi 88.19 dengan persentase ketuntasan 88.88%.
Motivasi belajar siswa pada siklus 1 meningkat dari 74.72 menjadi 77.04 dengan
persentase siswa yang mendapat nilai motivasi diatas 75 sebesar 55.56% dan pada
siklus 2 meningkat dari 77.04 menjadi 79.63 dengan persentase siswa yang
mendapat nilai motivasi diatas 75 sebesar 77.77%.Giri Wahyu Pambudi