Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:02:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-28T21:33:42Z2015-07-03T01:31:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21704This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/217042015-06-28T21:33:42ZPENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAHPembelajaran berbasis masalah digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi yang berorientasi masalah, termasuk di dalamnya belajar bagaimana belajar. Melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah, siswa diharapkan dapat menggali dan menemukan sendiri dari pemecahan masalah yang diberikan dosen sehingga dapat memancing proses belajar mereka. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah pada mata kuliah Perilaku Organisasi serta untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 79.42% dan siklus II sebesar 82.29% maka peningkatan sebesar 2,87%. Sedangkan pada keterampilan memecahkan masalah pada siklus 1 sebesar 84.99 % dan siklus 2 sebesar 86.86% maka peningkatan sebesar 3,87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah pada mata kuliah perilaku organisasiBrillian Rosybrilliant.rosy@yahoo.comTriesninda Pahlevi