Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:21:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-03T02:37:48Z2019-01-30T07:44:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32270This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/322702016-05-03T02:37:48ZPERENCANAAN USAHA KERUPUK PULI RASA AYAM KAMPUNGPERENCANAAN USAHA KERUPUK PULI RASA AYAM KAMPUNG
Oleh :
P U J I Y A T I
07512134004
ABSTRAK
Proyek akhir ini bertujuan untuk: (1) Merencanakan usaha kerupuk puli
rasa ayam kampung. (2) Mengetahui IFAS dan EFAS dari produk dan usaha
kerupuk puli rasa ayam kampung. (3) Mengetahu kekuatan, kelemahan, peluang,
dan ancaman (SWOT) produk dan usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (4)
Menentukan strategi usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (5)
Mengimplementasi strategi usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (6)
Mengevaluasi implementasi usaha kerupuk puli rasa ayam kampung.
Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2010. Tahapan penelitian
perencanaan usaha, dimulai dari penetapan tujuan dan sasaran, penentuan
spesifikasi usaha, konsep pengelolaan, teknis dan produksi. Membuat analisis
SWOT berdasarkan data IFAS dan EFAS, kemudian mengimplementasikan
alternative strategi pemasaran dan mengevaluasi alternative strategi pemasaran
yang digunakan. Analisis data dimulai dengan membuat table kuisioner jumlah
pengunjung, kemudian menghitung skor dan rerata. Analisis harga jual dengan
metode mark up 50% dan BEP selama 1 bulan.
Hasil penelitian adalah: (1) Perencanaan usaha rumah tangga kerupuk puli
rasa ayam kampung berada di JL. Wahid Hasin Gang Ace No.4 C, Nologaten
Sleman Yogyakatra, bertujuan memberi inovasi jenis kerupuk kepada masyrakat,
dengan masyarakat umum sebagai target pasarannya. Menentukan harga jual,
BEP per bulan dan target penjualan. (2) IFAS dan EFAS pada produk usaha
kerupuk puli rasa ayam kampung didasarkan pada keunggulan relatif terhadap
pesaing utama dan prediksi atau kemampuan perusahaan untuk masa yang akan
datang dengan skor IFAS= 3,01 dan EFAS= 3,02, hasil IFAS dan IFAS
merupakan hasil dari total pembobotan pada table skoring. (3) Matrik SWOT
yang menggambarkan secara jelas yaitu SO, memanfaatkan kekuatan dan peluang
pada pemasaran kerupuk puli, ST, untuk mengamati ancaman, WO,
memanfaatkan peluang dengan meminimalkan kelemahan, dan WT, untuk
meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. (4) Alternatif
strategi pemasaran produk berdasarkan model analisis SWOT yang digunakan
menggunakan SO yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. (5)
Implementasi alternative SO dengan cara mempromosikan produkmelalui brosur
& lisan, menawarkan produk kesemua kalangan, menitipkan produk kewarung
dan toko, menerima pesanan dan mengantarnya. (6) Evaluasi implementasi
strategi pemasaran menggunakan strategi SO menunjukkan bahwa pemasaran
produk dengan harga jual sebesar Rp. 4.800,-/bungkus (@50gr) dan BEP sebesar
206 kemasan selama sebulan mencapai 390 kemasan dengan total penjualan Rp.
1.872.000,- selama satu bulan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa strategi
pemasaran SO yang diterapkan berhasil dengan baik.P U J I Y A T I P U J I Y A T I