Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:38:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-30T10:30:18Z2019-01-29T21:53:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17901This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/179012015-04-30T10:30:18ZABSTRAK
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,
KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAABSTRAK
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,
KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Oleh:
HIMAYA AYU PUSPITASARI
09412144052
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi; 2) Pengaruh Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi; 3) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi dan 4) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Akuntansi Negeri Yogyakarta angkatan 2009, 2010, dan 2011. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 14,808 + 0,240X1, nilai koefisien regresi 0,240, thitung 4,604, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,175; 2) Terdapat pengaruh positif signifikan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 15,312 + 0,472X2, nilai koefisien regresi 0,472, thitung 5,024, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,202; 3) Terdapat pengaruh positif signifikan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, ditunjukkan dengan persamaaan regresi Y = 14,312 + 0,257X3, nilai koefisien regresi sebesar 0,257 dan thitung 5,290, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,219; 4) Terdapat pengaruh positif signifikan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 7,435+ 0,127 X1 + 0,246X2+ 0,164X3 dengan signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,337.
Kata kunci : Perilaku Etis, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan SpiritualHIMAYA PUSPITASARI HIMAYA AYU