Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:43:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-16T00:58:53Z2019-10-01T11:38:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49902This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/499022017-06-16T00:58:53ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI :
SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PPL merupakan
mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh semua
mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakart. PPL bertujuan
untuk. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu
pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan
bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Selain sebagai
tempat untuk mempraktikan ilmu pengetahuan, PPL dapat menjadi media bagi
mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran,
sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai
guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang.
PPL dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang beralamat
di Jalan Pramuka No. 62 Giwangan Yogyakarta, dari tanggal 15 Juli 2016 sampai
dengan 15 September 2016. Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi beberapa
tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan : pembelajaran mikro
di kampus, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajaran dan
pembekalan PPL. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, di mana ada 2 kegiatan
yang dilakukan oleh mahaiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik persekolahan.
Sebelum melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa lebih dahulu menyiapkan
rencana pembelajaran seperti RPP, materi dan media pembelajaran. Setelah rencana
pembelajaran sudah siap, siswa melaksanakan praktik mengajar di kelas dengan
beberapa cara, mulai dari team teaching, praktik mengajar terbimbing, hingga praktik
mengajar mandiri. Mahasiswa mengambil penilaian terhadap hasil belajar siswa
dengan beberapa metode, yaitu ujian tertulis dan penilaian praktik. Di akhir
pelaksanaan PPL, guru pembimbing memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang
melaksanakan PPL. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga
melaksanakan praktik persekolahan, yaitu kegiatan penunjang yang sejalan dengan
program sekolah. Bentuk kegiatannya berupa : Piket rutin, Membantu administrasi
Ijazah dan buku di perpustakaan, Pengurusan Administrasi Jurusan dan membantu
kegiatan lain di sekolah.
Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan
pengalaman sebagai seorang guru. Harapan ke depan, semoga PPL dapat terus
dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Negeri
Yogyakarta dengan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dapat terus terjalin,
sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan
manfaat bagi kedua pihak.PRIMA HERADESTRA PRIMA HERADESTRA