Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:39:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-21T02:22:49Z2019-01-30T07:26:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31538This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/315382016-04-21T02:22:49ZSISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE
DI MTs NEGERI MODEL PARAKANSISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE
DI MTs NEGERI MODEL PARAKAN
Oleh :
PRADANA LUTHFI SURYAWAN
07520244039
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa
Sistem Informasi Akademik yang berbasis Website sebagai pendukung proses
kegiatan belajar mengajar. Kemudian menguji kelayakannya dari segi Design,
Usability, Content dan Accessibility untuk dipergunakan di MTs Negeri Model
Parakan.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and
Development). Adapun langkah-langkah penelitian yaitu: potensi masalah,
analisis kebutuhan, desain produk, produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba
pemakaian, revisi produk, produk masal. Pengumpulan data dilakukan dengan
questioner atau angket. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 6
administrator, 48 guru dan 170 siswa. Adapun metode yang digunakan untuk
menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang
diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala
penilaian yang telah ditentukan.
Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi akademik berbasis website
di MTs Negeri Model Parakan. Sedangkan hasil analisis menunjukkan bahwa
kualitas produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut dari uji kelayakan yang
dikembangkan sistem informasi akademik menurut administrator memperoleh
persentase sebesar 81,66% termasuk dalam kategori sangat layak, menurut guru
memperoleh persentase sebesar 80% termasuk dalam kategori sangat layak.
Menurut siswa memperoleh persentase sebesar 79,17% termasuk dalam kategori
layak. Hasil pengujian Usability, Content, Grapich Design, Loading Time dan
Accesibility yang dilakukan di W3C Web Content Accessibility Guidlines
diperoleh rata-rata persentase sebesar 67%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa sistem informasi akademik berbasis website memiliki kualitas layak
untuk mendukung proses belajar mengajar.
Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, pengembangan, website.LUTHFI SURYAWAN PRADANA