Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:01:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-04T05:30:39Z2019-10-01T11:38:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45436This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/454362017-01-04T05:30:39ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN
Mrican, Caturtunggal, Depok, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program studi kependidikan strata 1 (S1)
sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan jenjang S1. Sebelum pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus benar-benar mempersiapkan
diri baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan
kegiatan pra-PPL.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu
pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Terdapat dua jenis
kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar
meliputi: 1) Pembuatan RPP, 2) Konsultasi dengan guru pembimbing, 3)
Mengumpulkan materi pembelajaran, 4) Pembuatan media pembelajaran, 5)
Pelaksanaan pembelajaran terbimbing, dan 6) Evaluasi Pembelajaran. Dalam
pelaksanaan PPL mahasiswa mengajar mata pelajaran Sistem Kontrol Elektro
Mekanik dan Elektronik kelas XII TOI juga membantu pembelajaran pada mata
pelajaran Sistem Kontrol Terprogram kelas XI TOI. Sedangkan kegiatan non
mengajar meliputi: 1) Membantu sekolah dalam acara PPDB, 2) Menjadi panitia
dalam acara MPLS, 3) Pembuatan jadwal pemakaian bengkel Jurusan TOI, 4 )
rapat mingguan.
Berdasarkan hasil penilaian 32 siswa terhadap kinerja mahasiswa praktikan
ditinjau dari berbagai aspek maka hasilnya yaitu: 1) Aspek kemampuan membuka
pelajaran: 24% sangat baik, 64% baik dan 12% kurang baik; 2) Aspek proses
pembelajaran: 20% sangat baik, 67% baik dan 13% kurang baik; 3)Aspek
penguasaan bahan ajar: 34% sangat baik, 55% baik dan 11% kurang baik; 4) Aspek
kegiatan belajar mengajar: 32% sangat baik, 62% baik dan 6% kurang baik; 5) Aspek
kemampuan menggunakan media pembelajaran : 33% sangat baik, 64% baik dan 3%
kurang baik. Selain hasil penilaian dari siswa, mahasiswa praktikan juga mendapat
saran langsung dari guru pembimbing untuk meningkatkan penguasaan materi dan
rasa percaya diri. Hasil tersebut merupakan refleksi bagi mahasiswa untuk bisa
meningkatkan kualitas diri.PANDHEGA WAHYU SYAHPUTRA PANDHEGA WAHYU SYAHPUTRA