Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:55:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-21T16:12:49Z2019-05-09T01:58:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13543This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135432015-03-21T16:12:49ZPeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada siswa Kelas V SDN Bhayangkara Yogyakartapembelajaran kreatif dan produktif dalam upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bhayangkara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Bhayangkara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun tempat penelitian di SDN Bhayangkara Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas V sebagai pelaksana tindakan, peneliti sebagai observer, dan teman sejawat sebagai pembantu observasi. Langkah- langkah penelitian yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan tehnik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif kelas V di SDN Bhayangkara untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa telah terlaksana dan dilakukan dengan tahapan yaitu: 1) tahap orientasi, 2) tahap eksplorasi, 3) tahap interpretasi, 4) tahap re-kreasi, dan 5) tahap evaluasi. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia di akhir siklus dua telah mencapai kategori sangat baik yaitu hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa 100%. Peningkatan motivasi belajar tersebut juga dapat dilihat dari peningkatan setiap aspek motivasi belajar siswa. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus 1 sebanyak 27 siswa atau 87,09% telah memenuhi KKM dan 4 siswa atau 12,91% belum memenuhi KKM. Setelah dilakukan perbaikan hasil belajar siswa pada siklus 2, jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 31 siswa atau 100%. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bhayangkara.Rini Ntowe Oya