Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:45:21ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-08-23T10:05:33Z2019-10-01T11:31:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58721This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/587212018-08-23T10:05:33ZLAPORAN
PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SD NEGERI GADINGANSD Negeri Gadingan merupakan salah satu sekolah yang di tunjuk oleh pihak UNY
untuk menjadi lokasi PLT pada tahun 2017 di lokasi ini terdiri 8 mahasiswa/i program studi
PGSD Kelas dan 6 mahasiswa/i dari program studi PGSD Penjas. Tujuan dari program
PLT adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang managerial
dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka
melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan,
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal belajar dan memahami seluk
beluk sekolah dengan segala permasalahannya serta memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam
proses pembelajaran.
Program kegiatan PLT adalah mengajar mata pelajaran dasar selama kurang lebih
dua bulan terhitung dari tanggal 15 September 2017sampai dengan 15 November 2017.
setiap maahasiswa melakukan praktik mengajar penjas sebanyak delapan kali pertemuan
secara terbimbing oleh guru pamong yang ada di sekolah. Sebelum proses pembelajaran
dilaksanakan di lapangan, praktikan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
juga membuat media pembelajaran untuk mempermudah jalannya pembelajaran. Sebelum
praktikan mengajar, mahassiswa berkonsultasi terlebih dahulu dengan guru pamong, agar
mendapat arahan saat mengajar dan menyempurnakan RPP.
Dari pelaksanaan kegiatan PLT, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT, dapat
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang
pendidikan , memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal
segala permasalahan di sekolah terkait dengan proses pembelajaran, memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan
yang telah di pelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan
hubungan kemitraan yang baik diantara UNY dengan sekolah yang terkait.Ovinda Puspaningrum Ovinda Puspaningrum