Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:09:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-18T04:08:33Z2019-10-01T11:51:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31189This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/311892016-04-18T04:08:33ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015
LOKASI SMP N 3 SEWONPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan.
Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu
yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan
kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu
yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai
proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan
sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan,
dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
SMP N 3 Sewon berlokasi di Kaliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul
merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan
Kabupaten bantul. Program PPL di SMP N 3 Sewon dilaksanakan pada tanggal 10
Agustus sampai dengan 12 September 2015.Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi
tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan.
Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan
pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran
di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali
pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas
sebanyak 12 kali untuk 4 kelas. yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Metode
yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab,
ceramah, permainan dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum serta LKS. Banyak kendala
dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun
ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena
peserta didik sangat aktif dan antusias dalam praktikum sehingga segera melakukan
praktikum tanpa memperhatikan petunjuk dari guru. Namun, hal ini merupakan suatu
kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal
ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik.
Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan
pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan,
mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama
perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta
mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa
dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan
yang ada di sekolah.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya
program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
ProgramPPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan IndonesiaOvia Larasathi Ovia Larasathi