Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:32:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-20T02:27:24Z2019-01-30T07:24:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31415This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/314152016-04-20T02:27:24ZPENGEMBANGAN KARTU ENTERPOKER
PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN
DI SMK BUDI MULIA DUA YOGYAKARTAPENGEMBANGAN KARTU ENTERPOKER
PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN
DI SMK BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA
Oleh:
Ose Lijuse Wikarya
08511241028
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangan media kartu enterpoker
sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kewirausahaan, (2)
Mengetahui hasil uji kelayakan kartu enterpoker sebagai media pembelajaran
pada mata pelajaran kewirausahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D).
Penelitian ini menggunakan objek uji coba instrumen terbatas yaitu siswa kelas x
program keahlian manajemen jasa boga di SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta.
Pengumpulan data dengan angket, wawancara dan observasi. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa angket. Validitas instrumen diuji menggunakan
expert judgement dan uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus
alfa cronbach dan dengan bantuan spss 16. Analisis data menggunakan teknik
descriptif kualitatif, selanjutnya hasil uji kelayakan kemudian diproyeksikan
menggunakan skala likert sehingga diperoleh persentase validitas kelayakan
produk dari para ahli maupun dari uji lapangan dengan aspek materi, media, tata
tulis, grafis, serta aspek fungsi dan manfaat.
Penelitian menunjukkan : (1) Pengembangan kartu enterpoker melalui
beberapa tahap yaitu tahap analysis, design, development . (2) dengan tingkat
kelayakan aspek materi sebesar 54,2% dengan hasil sangat layak, aspek media
dengan nilai 45,8% dengan kategori layak, aspek tata tulis dengan nilai 66,7%
dengan hasil sangat layak, pada aspek grafis memiliki nilai 62,5% dengan
kategori sangat layak, serta pada aspek fungsi dan manfaat dengan nilai 50%
berada pada kategori sangat layak. Kartu enterpoker setelah divalidasi dan
diujicobakan dengan hasil penilian seperti diatas, maka kartu enterpoker telah
dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran
Kewirausahaan.
Kata Kunci : enterpoker, kewirausahaan,Wikarya Ose Lijuse