Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:35:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-02-15T06:09:44Z2019-05-09T09:12:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62759This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/627592019-02-15T06:09:44ZPengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Kelompok B.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD untuk menigkatkan perilaku prososial anak kelompok B, (2)
menghasilkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang layak untuk anak
kelompok B, dan (3) memperoleh informasi mengenai keefektifan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan perilaku prososial anak
kelompok B.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain
pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan
tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, meliputi: (1) tahap studi
pendahuluan, (2) tahap pengembangan model, dan (3) tahap pengujian model.
Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi, sedangkan uji coba dilakukan
melalui 3 tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 5 guru dan 23 anak dari PAUD
Al-Qur’an Karangploso, uji coba lapangan pada 9 guru dan kurang lebih 70 anak
dari TK Muslimat NU, TK Sriwedari, TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling,
dan TK PGRI 2 Wagir, serta uji efektivitas pada 55 anak dari TK ABA 01
Kecamatan Dau, TK & PG Kreatif Primagama, dan RA Al-Azhar Bantur.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi,
angket respon guru, dan lembar observasi perilaku prososial anak.
Model pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru untuk
meningkatkan perilaku prososial anak tidak direncanakan dengan pasti. Guru hanya
membiasakan anak dengan nasehat-nasehat verbal. Hal ini menyebabkan anak
kurang meningkat dalam perilaku prososialnya. Oleh karena itu, guru
membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku
prososial anak dengan baik. Penelitian pengembangan ini menghasilkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat digunakan guru sebagai salah satu
alternatif untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Hasil skor penilaian
kelayakan materi mendapatkan skor 52 yang berada pada kriteria “Sangat Baik”.
Pada hasil uji coba lapangan awal, hasil respon guru terhadap model pembelajaran
kooperatif tipe STAD mendapatkan skor 56,4 yang berada pada kriteria “Baik”,
sedangkan pada uji coba lapangan mendapatkan skor 60 yang berada pada kriteria
“Sangat Baik”. Keefektifan model pembelajaran kooperaif tipe STAD diperoleh
berdasarkan peningkatan perilaku prososial anak antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Dengan α < 0,05 maka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara perilaku prososial anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD efektif meningkatkan perilaku prososial anak kelompok B.Rara Agista Olivantina