Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:26:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-29T06:11:20Z2019-01-30T01:23:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23868This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/238682015-07-29T06:11:20ZUPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA
DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN
MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH
DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dengan
menerapkan model pembelajaran aktif Index Card Match di kelas VII B SMP
Muhammadiyah 2 Depok karena partisipasi aktif siswa di kelas tersebut masih
rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 2
Depok sebanyak 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Dalam satu
siklus terdapat satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis data yang
dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk itu, teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data
kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Untuk keabsahan data digunakan triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam
penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa
mencapai 75% dan apabila 75% dari siswa kelas VII B memiliki nilai minimal 64
pada mata pelajaran IPS.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model
pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa
dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Depok. Hal
tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator
partisipasi aktif siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator
partisipasi aktif siswa adalah 55%. Pada siklus II menjadi 67% atau mengalami
peningkatan sebesar 12%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 17%
sehingga menjadi 84%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator
partisipasi aktif siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang
ditetapkan yaitu 75%; 2) Penerapan model pembelajaran aktif Index Card Match
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase
siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 44% meningkat menjadi
71% pada siklus II. Selanjutnya masih mengalami peningkatan menjadi 86% pada
siklus III. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (64) telah
melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%.
Kata Kunci: Index Card Match, Partisipasi Aktif Siswa, Pembelajaran IPSFlorence Oktora Italiana