Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:15:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-03-28T01:07:55Z2019-01-30T07:00:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30481This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/304812016-03-28T01:07:55ZKEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH PENDIDIKAN GURU (SPG) DAN IMPLEMENTASINYA DI YOGYAKARTA TAHUN 1967-1990Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Latar belakang kebijakan di dirikannya SPG , (2) Implementasi kebijakan pendidikan SPG di Yogyakarta tahun 1967-1990 dan (3) Dampak implementasi kebijakan pendidikan SPG di Yogyakarta tahun 1967-1990.
Penelitian ini menggunakan penelitian sejarah kritis dari Kuntowijoyo yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap yang pertama yaitu menentukan topik yang akan diteliti. Tahap kedua ialah heuristik atau yang dikenal dengan pengumpulan sumber penelitian, baik sumber primer maupun sekunder. Tahap ketiga ialah verifikasi atau kritik sumber yang terdiri dari kritik eksternal dan internal. Tahap keempat adalah interpretasi yaitu proses menafsirkan fakta-fakta sejarah yang ditemukan. Tahap terakhir adalah tahap historiografi atau penulisan sejarah, dalam tahap ini merupakan puncak dari penelitian sejarah yakni menyusun fakta-fakta sejarah menjadi cerita sejarah yang disusun secara kronologis dan sistematis.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Latar belakang di dirikannya SPG karena adanya masalah pendidikan di Indonesia antara lain tingginya angka buta huruf, masalah daya tampung, kekurangan guru, dan masalah pemerataan pendidikan, (2) Implementasi kebijakan SPG di Yogyakarta di mulai sejak tahun 1967 dan mulai diperbanyak tahun 1970-an, kurikulum yang di gunakan adalah kurikulum SPG tahun 1968 dan tahun 1976 dengan menggunakan sistem pengajaran klasikal dalam bentuk konvensional, (3) Pemberlakuan kebijakan SPG ini memperoleh tanggapan dari masyarakat dan memberikan dampak positif pada bidang pendidikan, antara lain: angka buta huruf yang menurun, masalah daya tampung teratasi, pemerataan pendidikan dan terpenuhinya jumlah guru di setiap sekolah di Indonesia terutama di Yogyakarta.
Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, SPG, Implementasi di Yogyakarta.Yeny Arista Oktaviani