Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:46:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-06T02:53:18Z2019-01-30T07:12:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30683This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/306832016-04-06T02:53:18ZEFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL EDMODO UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT
INSTALASI SISTEM OPERASI GUI CLI KELAS X TKJ
SMK N 1 PUNDONGEFEKTIVITAS PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL EDMODO UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT
INSTALASI SISTEM OPERASI GUI CLI KELAS X TKJ
SMK N 1 PUNDONG
Oleh
Oktaviani Faizatul Khasanah
NIM 11520241005
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara hasil belajar
siswa kelas X TKJ mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI yang
menggunakan metode konvensional dengan siswa yang menggunakan media
pembelajaran edmodo di SMK N 1 Pundong, (2) mengetahui efektivitas Edmodo
terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI
kelas X TKJ di SMK N 1 Pundong.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent
kontrol group design. Populasi penelitian adalah siswa jurusan Teknik Komputer
dan Jaringan SMK N 1 Pundog dan sampel penelitian adalah siswa kelas X TKJ
SMK N 1 Pundong yang berjumlah 63 siswa. Teknik analasis data yang
digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi
eksperimen. Validitas dalam penelitian ini yaitu validitas isi dan validitas konstruk.
Reliabilitas menggunakan rumus spearman brown untuk instrumen test diperoleh
nilai sebesar r= 0,898 dan alpha cronbach untuk instrumen angket diperoleh nilai
sebesar r= 0,948. Tingkat kesukaran soal dalam kriteria sedang dan daya beda
soal dalam kriteria baik. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan pengujian
efektivitas penggunaan jejaring sosial edmodo pada mata diklat Instalasi Sistem
Operasi GUI CLI menggunakan uji N-gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000
lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima.
Dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada
mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI CLI yang menggunakan media jejaring
sosial pendidikan edmodo dengan hasil belajar siswa yang menggunakan
metode konvensional. Dengan hasil perhitungan rata-rata N-gain kelas
eksperimen sebesar 77% termasuk dalam kategori efektif (>76%) sehingga
dapat disimpulkan bahwa penggunaan jejaring sosial edmodo efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Instalasi Sistem Operasi GUI
CLI. Hasil perhitungan rata-rata angket menunjukkan angka sebesar 81,69%
yang termasuk kategori sangat tinggi (≥75%) sehingga dapat diartikan bahwa
respon siswa terhadap penggunaan jejaring sosial edmodo pada pembelajaran
Instalasi Sistem Operasi GUI CLI sangat tinggi.
Kata kunci : perbedaan, Edmodo, efektivitasFaizatul Khasanah Oktaviani