Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:42:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-03-14T02:25:54Z2019-01-30T06:51:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30253This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/302532016-03-14T02:25:54ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS
NASKAH DRAMA SATU BABAK
DENGAN TEKNIK QUANTUM WRITING
SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 SEWONPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis
naskah drama satu babak dengan teknik quantum writing siswa kelas VIII D SMP
Negeri 3 Sewon.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Sewon yang berjumlah 30 siswa. Objek
penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak.
Penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan
refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.
Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses
tampak pada aspek perhatian terhadap pembelajaran, antusias siswa, keaktifan
bertanya jawab, keaktifan mengerjakan tugas, dan ketepatan waktu
mengumpulkan tugas. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari
pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan produk dengan teknik
quantum writing dalam menulis naskah drama satu babak dapat dilihat dari karya
siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 58,77 dengan keterangan
belum ada siswa yang tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi
69,93 dengan siswa tuntas sebanyak 13. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata siswa
naik menjadi 78,93 dengan ketuntasan 90%, atau 27 siswa.Via Oktavia Fitriani