Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:45:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-10-16T04:18:38Z2019-05-08T10:14:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60570This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/605702018-10-16T04:18:38ZPengembangan Model Blended learning
Menggunakan E-learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Genetika Di
Program Studi Pendidikan Biologi Universitas BengkuluTujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model Blended learning
menggunakan e-learning berbasis moodle yang berkualitas untuk mahasiswa
pendidikan biologi di Universitas Bengkulu pada mata kuliah Genetika.
Penelitian pengembangan ini mengadopsi langkah pengembangan dengan
model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Develop, Implement dan
Evaluate. Pengumpulan data diperoleh melalui validasi internal dan validasi
eksternal. Validasi internal pada tahap pengembangan model blended learning ini
dilakukan oleh dua ahli model, dua ahli media e- learning dan dua ahli materi.
Validasi eksternal dilakukan dengan melihat respon mahasiswa terhadap
implementasi model blended learning dan keefektifan yang dilihat melalui hasil tes
yang terdiri dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada mata kuliah genetika
dengan jumlah mahasiswa sebanyak 39 orang.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa model blended
learning berdasarkan komponen dan perangkat model pembelajaran, serta panduan
e- learning berbasis moodle bagi dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian
pengembangan menunjukan bahwa model blended learning untuk mahasiswa
pendidikan biologi pada mata kuliah genetika telah memenuhi kriteria kualitas
dengan katagori sangat baik. Hasil penilaiian diperoleh dari ahli model dengan ratarata
3,81 dengan katagori sangat baik, ahli media dengan rata-rata 3,83 dengan
katagori sangat baik, ahli materi dengan rata-rata 3,43 dengan katagori sangat baik.
Keefektifan model blended learning dibuktikan dengan perbandingan n-gain hasil
belajar 0,5 dan hasil uji t diperoleh nilai Sig ≤ 0,005 yang menunjukan adanya
perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah di
implementasikan model blended learning. Selain itu terdapat peningkatan rata-rata
hasil belajar mahasiswa yang meningkat dari 71,67 menjadi 86,07. Hasil angket
motivasi mahasiswa menunjukan bahwa mahasiswa memberikan respon yang baik
dan memberikan dampak pada meningkatnya motivasi belajar seperti motivasi
intrinsik, self-efficacy, self-determination, grade motivation, dan career motivation
dengan rerata 3,36 dengan katagori sangat baik.
Kata kunci: model blended learning, e- learning, moodle, genetikaSheren Dwi Oktaria