Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:13:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-12T07:59:31Z2019-10-01T11:51:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36216This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/362162016-07-12T07:59:31ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN
TAHUN AJARAN 2015/2016Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa
agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan
manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa
tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan
dimulai dari observasi. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro
teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam
mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan
PPL dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Dalam praktik
mengajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar di kelas X Multimedia, X
Administrasi Perkantoran 1, XI Akuntansi, XI Administrasi Perkantoran 2 dengan
jumlah mengajar sebanyak 19 kali pertemuan, tanpa pengajaran insidental. Sehingga
selama PPL mahasiswa telah melakukan pengajaran sebanyak 19 kali pertemuan.
Melalui program PPL ini mahasiswa dapat memperoleh banyak manfaat,
antara lain : (1) program PPL memberikan kesempatan dalam melakukan
pemantapan kemampuan professional Guru ;(2) mendemonstrasikan kompetensi
dalam merencanakan, melaksanakan ;(3) melakukan perbaikan pembelajaran yang
berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik ;(4) mendalami karakteristik
peserta didik dalam rangka memotivasi belajarnya ;(5) mengidentifikasi
permasalahan pembelajaran di kelas dan mengatasi permasalahan pembelajaran
tersebut secara individu maupun kelompok ;(6) menerapkan pembelajaran inovatif
;(7) wahana melatih bekerja secara tim. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat
disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan
viii
kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang
terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam
kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik
antara UNY dengan sekolah yang terkait.Odie Gamma Ardiansyah Odie Gamma Ardiansyah