Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:35:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-08-01T03:25:52Z2019-01-30T16:47:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57953This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/579532018-08-01T03:25:52ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS
MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X
PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULSPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis multimedia yang dapat digunakan pada pembelajaran fisika
peserta didik kelas X materi momentum dan impuls. 2) Mengetahui besarnya
peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X terkait dengan penggunaan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multimedia, dan 3) Mengetahui
besarnya peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas X terkait dengan
penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multimedia.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D
(Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis awal,
analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan
pembelajaran dan analisis perencanaan kebutuhan tampilan media. Pada tahap
design dilakukan pemilihan materi, format desain awal dan pembuatan LKPD
berbasis multimedia. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen fisika dan
guru fisika SMA, dilanjutkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada tahap
disseminate dilakukan penyebaran LKPD berbasis multimedia untuk pembelajaran
fisika di SMA N 1 Minggir. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi
penilaian, lembar angket minat belajar, lembar pengamatan minat belajar, lembar
pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang
digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif
digunakan untuk menganalisis saran validator menggunakan penarikan
kesimpulkan sedangkan teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk
menganalisis penilaian validator dengan menggunakan sbi dan Aiken’s V, uji soal
pretest dan posttest dengan iteman, respon siswa dengan menggunakan sbi,
peningkatan minat dan peningkatan hasil belajar kognitif dengan menggunakan
Standard gain.
Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) lembar kerja
peserta didik berbasis multimedia dapat digunakan pada pembelajaran fisika
dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik
berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain <g> sebesar 0,53; dan 3)
peningkatan minat belajar fisika peserta didik berada dalam kategori sedang dengan
nilai standard gain <g> sebesar 0,5 untuk angket dan 0,51 untuk lembar observasi.Bunga Aditya OctavianaSubroto SubrotoSumarna Sumarna