Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:34:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-04-03T03:55:18Z2022-08-23T06:35:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48455This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/484552017-04-03T03:55:18ZAnalisis Unit Cost Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK di Kabupaten SlemanPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbandingan nilai rerata unit cost (uc) yang riil dan ideal bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa; (2) uc per Paket Keahlian (PK); (3) pengaruh jumlah siswa terhadap nilai uc; dan (4) keefektifan pendayagunaan anggaran pendidikan dalam proses pembelajaran di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data dikumpulkan melalui observasi naturalistik, kaji dokumen, dan wawancara mendalam. Data dianalisis menggunakan
pendekatan model Activity-Based Costing. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Depok, SMK Muhammadiyah Pakem, SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Nasional Berbah.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Nilai uc rerata riil tahun ajaran 2015/2016 sebesar Rp 3.711.951/siswa/tahun dan nilai uc ideal berdasarkan PP No. 69 tahun 2009 sebesar Rp 2.917.275/siswa/tahun setelah diperhitungkan dengan inflasi 6% per tahun atau 48%, namun angka tersebut tidak sepenuhnya berbasis kebutuhan karena dana dibagi rata (2) uc rerata per siswa per tahun pada 16 PK yang diselanggarakan di Kabupaten Sleman, yakni PK TITL sebesar Rp 3.413.092; PK TP sebesar Rp 3.767.139; PK TKR sebesar Rp 3.706.291; PK TKJ sebesar 3.798.250; PK TSM sebesar Rp 3.468.780; PK TGB sebesar Rp 3.893.536; PK MM sebesar Rp 3.705.549; PK TEI sebesar Rp 3.620.204; PK TAV sebesar Rp 4.129.366; PK TPBO sebesar Rp 4.129.366; PK TGP sebesar Rp 4.129.366; PK TKA sebesar Rp 4.129.366; PK TKI sebesar Rp 4.129.366; PK TOI sebesar Rp 4.129.366; PK TPMP sebesar Rp 4.129.366; PK TPS sebesar Rp 3.657.705. (3) Hasil uji hipotesis pengaruh jumlah siswa terhadap nilai uc di SMK didapat persamaan regresi Y= 263,998 – 12,612X1 yang berarti bahwa semakin banyak jumlah siswa semakin kecil nilai uc. (4) Keefektifan penggunaan anggaran pendidikan dalam proses pembelajaran di SMK dapat memenuhi dari tujuan pembelajaran, yakni mampu menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja; melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; mampu memilih pekerjaan, berkompetisi dan mengembangkan diri, mampu berwirausaha; serta dapat memprofesionalkan guru dan karyawan yang berarti penggunaan anggaran pendidikan untuk proses pembelajaran cukup efektif.Nuryadin Nuryadin2016-04-18T02:09:18Z2019-01-30T07:21:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31143This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/311432016-04-18T02:09:18ZEVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, SARANA DAN PRASARANA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIOAL (RSBI) BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMKN 2 KEBUMENEVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, SARANA DAN PRASARANA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIOAL (RSBI) BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMKN 2 KEBUMEN Oleh Nuryadin NIM 11505247005 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tercapainya pelaksanaan kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana & prasarana Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton di SMKN 2 Kebumen. Variabel penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan Kurikulum (2) Pelaksanaan Proses Pembelajaran (3) Sarana dan Prasarana. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Kebumen dimulai dari tanggal 03 – 22 September 2012. Populasinya adalah mata pelajaran normative dan adaptif sedangkan untuk sampelnya diambil dengan Purposive sample 4 mata pelajaran normative dan 4 mata pelajaran adaptif. Untuk sumber data yaitu dari guru dan siswa. Instrumen berupa angket, yang terdiri dari angket pelaksanaan kurikulum, angket pelaksanaan proses pembelajaran, dan angket sarana & prasarana. Angket pelaksanaan kurikulun dengan responden guru, angket proses pembelajaran dengan responden guru serta siswa dan angket sarana & prasarana dengan responden siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil Kajian penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Ketercapaian pelaksanaan kurikulum berada pada kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 78,60% (2) Ketercapaian pelaksanaan proses pembelajaran yang sesuai dengan sekolah standar internasional berada pada kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 74,94% dari responden guru dan 67,94% dari responden siswa, 3) Sarana dan prasarana berada pada kategori kurang baik dengan rerata (mean) 67,79%. Kata Kunci : SMKN 2 Kebumen, Teknik Konstruksi Batu Beton, Pelaksanaan Pembelajaran SMK RSBINuryadin Nuryadin