Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:06:19ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-08-10T05:51:06Z2019-01-29T15:48:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3908This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39082012-08-10T05:51:06ZHUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH
HUMANIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL
SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA
KELAS XI SEMESTER GENAP SMANI BANTUL,
SMAN I SEWON DAN SMAN I JETIS
TAHUN AJARAN 2004/2005Penelitian ini dilakukan denp,an tu_juan uUuk mcngetaltui ada tidaknya
hubungan yang positif dan bermakna antara : (1) persepsi siswa tcrhadap iklim
sckolah hulnanis dan kccerdasan emosional dengan pestasi belajar kimia, (2)
persepsi siswa terhadap iklim sekolah humanis dengan prestasi bela_jar kimia,
(3) kecerdasan emosional dengan prestasi helajar kimia.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Xl semester genap SMAN 1
Rantul, SMAN f Sewon dan SNIAN I ,letis whim ajaran 2004/2005 yang lerdin
dari 8 kelas dengan jumlah 306 siswa. Sampel dalaln penelitian ini dia<nbif 5
kelas secara purpossive cluster random sampling dengall jumlah siswa 193.
Pengumpulan data dilakulcan menggunakan angket ikliln sekolah hiunanis
deugan reliabilitas angket 0,971 dan angket kecerdasan emosional dengan
reliabilitas angket 0,969 serta soal prestasi belajar kimia dalam bentuk objektif
pilihan ganda dengan reliabilitas dan validitas soal 0,834. Analisis data
penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan persepsi
siswa terhadap iklim sekolah humanis (X,) dan kecerdasan emosional ( X Z )
sebagai prediktor dan prestasi belajar kimia (I7 sebagai kriterium. Berdasarkan
hasil analisis diperoleh persalnaan regresi sebagai berikut : Y = 0,061 X, - 0,005
Xz + 11,806, dengan harga Rt,,2) 0,193 (p = 0,026). Harga r,(,,_2) 0,191 (p =
0,008) dan rz(Y_ 1 ) - 0,016 (p = 0,823). Harga sumbangan relatif dari prediktor
Xl = 98,935 % dan predikrtor Xz = 1,065 %. Harga sumbangan efektif dari
prediktor X, = 3,681 % dan prediktor X, = 0,04 %.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan yang positif dan bennakna antara iklim sekolah humanis dan
kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kimia. Ada hubungan yang positif
dan bermakna antara iklim sekolah humanis dengan prestasi belajar kimia.
Semakin humanis iklim suatu sekolah, semakin naik prestasi belajar kimianya.
Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan elnosional dengan
prestasi belajar kimia.Widayati Nurul K. ,