Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:26:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:33:29Z2019-01-29T15:55:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4306This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43062015-03-20T03:33:29ZPENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA BILAH BAMBU DAN PAPAN KOTAK
PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SAWANGARGO KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui media bilah bambu dan papan kotak pada siswa kelas IV SD Negeri Sawangargo Kabupaten Magelang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Subyek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Sawangargo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 18 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja.
Hasil Penelitian pada siklus 1 pertemuan ke-1 perhatian dan keaktifan siswa
80,56% dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 77.22%, pada pertemuan ke-2 perhatian dan keaktifan siswa 82.41% dan siswa yang mencapai KKM 55.56%, pada pertemuan ke-3 perhatian dan keaktifan siswa
81.26% dan siswa yang mencapai KKM 66.68%, pada pertemuan ke-4 perhatian dan keaktifan siswa 87.50% dan siswa yang mencapai KKM 77.22%, hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil pretes yaitu siswa yang mencapai KKM
37.04% dari ketentuan KKM sekolah yaitu 70.
Kata Kunci : Pembelajaran, Lompat jauh, Media bilah bambu dan papan kotak.
Nuruddin