Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:58:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-11-19T07:33:23Z2019-05-09T09:07:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61332This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/613322018-11-19T07:33:23ZAnalisis Buku Teks Matematika SMP Kelas VII
Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi Tahun 2017 Ditinjau dari
Cognitive Load.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis buku
teks matematika SMP kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud edisi revisi
Tahun 2017 berdasarkan (1) intrinsic cognitive load (ICL) dan (2) extraneous
cognitive load (ECL).
Menggunakan metode analisis konten, sumber data penelitian ini adalah
buku teks matematika SMP kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Terbitan
Kemdikbud edisi revisi Tahun 2017. Obyek yang diteliti meliputi karakteristik
materi yang disajikan pada buku teks (ICL) dan cara penyajiannya (ECL). Data
dikumpulkan melalui teknik pengamatan dan pencatatan/pengkodean. Instrumen
utama adalah peneliti. Untuk memudahkan peneliti, disusun petunjuk dan lembar
penilaian ICL serta petunjuk penilaian ECL yang telah dibuktikan validitasnya
melalui face validity. Keabsahan data dilakukan melalui intracoder reliability dan
intercoder reliability. Teknik analisis data dilakukan melalui lima tahap, yaitu (1)
pendefinisian unit, (2) pencatatan/pengkodean, (3) reduksi, (4) penarikan
kesimpulan, dan (5) pendeskripsian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari ICL, karakteristik
materi yang disajikan di dalam buku teks sudah baik karena lebih dari 80% materi
yang disajikan telah sesuai dengan syarat minimal untuk belajar matematika. Hal
ini ditunjukkan oleh hasil analisis yang menemukan bahwa sebesar 93,55% dari
keseluruhan materi yang disajikan telah sesuai dengan indikator pembelajaran yang
dirumuskan, 100% urutan materi telah sesuai dengan kompleksitasnya, 93,55%
urutan materi telah sesuai dengan penguasaan materi prasyarat yang telah dipelajari,
81,82% materi telah disajikan secara beragam, dan 96,97% materi telah
menyediakan perintah untuk mendukung pemahaman. Ditinjau dari ECL, buku teks
belum sepenuhnya dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara optimal karena
ditemukan sebesar 36,84% cara penyajian materi yang diduga menyebabkan ECL.
Diantaranya adalah 13,91% menyebabkan split-attention, 1,78% memuat
redundancy of information, 11,83% tidak menyediakan signaling, 9,02% tidak
koheren, dan 11,83% memuat kesalahan penulisan yang tidak disengaja. Dilihat
dari tiap-tiap unit, bagian buku yang banyak menyebabkan ECL adalah bagian
pendahuluan dan bagian inti, khususnya Ayo Kita Amati dan Ayo Kita Menggali
Informasi. Hal ini menunjukkan bahwa cara penyajian materi pada buku teks ini
perlu diperbaiki sehingga tidak menyebabkan ECL.Arifta Nurjanah2015-07-07T02:03:03Z2019-01-30T00:48:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22740This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/227402015-07-07T02:03:03ZEFEKTIVITAS STRATEGI METAKOGNITIF
DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SLEMANArifta NurjanahAli Mahmudi