Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:33:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-22T02:07:16Z2019-01-29T22:42:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19225This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/192252015-05-22T02:07:16ZPEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH FISIKA
DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPemanfaatan Media Interaktif sebagai Media Pembelajaran
Mata Kuliah Fisika Di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Oleh
Nuri Hestawang
08505247001
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tampilan media interaktif pada mata kuliah Fisika dan memperbaiki media yang diteliti sehingga didapat sebuah media yang dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran mata kuliah Fisika.
Pengembangan produk dalam penelitian ini dirancang dengan tahapan-tahapan; (1) analisa; (2) perencanaan pengembangan; (3) pengembangan; (4) evaluasi dan revisi; (5) uji coba. Penelitian ini merupakan uji coba penerapan produk dalam pembelajaran. Penelitian sesuai dengan jalannya proses belajar mengajar, dengan cara mengadakan pertanyaan, pengamatan dan menarik kesimpulan. Data diambil dari angket yang diisi oleh para mahasiswa dan dianalisis menggunakan kurva normal dengan skala 4 (empat). Untuk memperoleh data tersebut diperlukan instrument: (1) lembar/form penilaian kelayakan media; dan (2) soal-soal tugas dan tes. Sesuai dengan jenis data yang diperoleh maka analisis data dilakukan dengan teknik: deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian dari penilaian mahasiswa sebagai subyek uji mengenai kemanfaatan media menunjukkan bahwa: (1) media yang dikembangkan termasuk dalam kategori menarik; (2) penyajian materi pada media yang dikembangkan termasuk dalam kategori mudah untuk diingat; (3) penyajian materi menggunakan media menjadi mudah untuk dipahami; (4) dengan media tersebut mahasiswa menjadi lebih mudah untuk berlatih soal; (5) secara keseluruhan tampilan media termasuk dalam kategori layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Aspek-aspek media, media fisika, media interaktif maHestawang Nuri