Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:34:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-08T07:33:27Z2019-01-29T20:23:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15549This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/155492015-04-08T07:33:27ZIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 4
SMK N 1 KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 4
SMK N 1 KLATEN TAHUN AJARAN2013/2014
Oleh:
Luthfi Nuraini
10418244022
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi
Kompetensi Dasar Laporan Keuangan siswa Kelas X AK 4 SMK N 1 Klaten
Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan
partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan
partisipasi angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan
analisis data deskriptif dengan persentase kuantitatif. Analisis data kualitatif
dilakukan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis
data deskriptif dengan persentase kuantitaif dilakukan dengan mendeskripsikan
data kualitatif yang diperoleh.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas
Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 4 SMK N 1 Klaten. Hal ini didukung
dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada indikator
membaca materi pelajaran akuntansi, mencatatat materi pelajaran akuntansi,
mendengarkan penjelasan guru dan dari diskusi kelompok, aktif bertanya tentang
materi yang belum dipahami, mengerjakan kasus/tugas secara mandiri, membantu
teman yang kesulitan memahami materi dalam kelompok, bersemangat untuk
bekerjasama dalam kelompok, menjawab pertanyaan dan menanggapi pendapat
teman lain selama diskusi, dan memberikan partisipasi selama proses
pembelajaran dengan model cooperative learning tipe Snowball Throwing. Pada
siklus 1 diperoleh rata-rata skor 65,84% dan pada siklus 2 diperoleh skor 82,10%,
terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 16,26%. Selain itu
berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula
bahwa terjadi peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa sebesar
14,52%, dari skor siklus 1 sebesar 68,42% ke siklus 2 sebesar 82,94%.Luthfi Nuraini Luthfi