Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:40:19ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-14T00:39:49Z2019-10-01T11:38:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47919This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/479192017-03-14T00:39:49ZPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 3 SEWONProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara
mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL
memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau
pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama
yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran
maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL
diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi
mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran.
Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMP N 3 SEWON beralamat di
Dusun Kali putih,Pendowoharjo,Sewon,Bantul dan berlangsung dari tanggal 18 Juli
2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada
PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas VII A, VII C, VII D, VIII
A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A, IX B, IX C, dan IX D. Rancangan kegiatan PPL terdiri
dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan.
Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu
persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang
dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu
persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan
Media Pembelajaran.
Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi
proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 27 Februari 2016,
kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 18 Juli - 15 September 2016 yaitu di
kelas VII A, VII C, VII D, VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A, IX B, IX C, dan IX D.
Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan
calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik
yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL
ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya
dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya
dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Nur Hidayati Ika Permatasari Nur Hidayati Ika Permatasari