Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:52:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-17T03:17:50Z2019-01-30T14:27:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50722This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/507222017-07-17T03:17:50ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI KECAMATAN
PRAMBANAN KLATENPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) serta pembelajaran
konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa
kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten, serta mengetahui apakah model
pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan dengan model
pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi
belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest
Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI
di kecamatan Prambanan Klaten dengan sampel penelitian berjumlah 67 yang
dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas XI IPA 5
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi, tes uraian
kemampuan berpikir kreatif dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Validitas
instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli dengan indeks kesepakatan
rater sebesar 0,92 untuk instrumen kemampuan berpikir kreatif dan 0,91 untuk
instrumen motivasi sehingga masuk kedalam kategori sangat valid. Statistik uji
dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace
Berdasarkan data yang diperoleh, posttest kemampuan berpikir kreatif
kelas TAI dan konvensional memiliki rata-rata masing-masing 79,82 dan 76,26
dengan variansi 168,96 dan 223,33. Sedangkan untuk motivasi akhir, kelas TAI
dan konvensional memiliki rata-rata masing-masing 58,97 dan 56,54 dengan
variansi 40,03 dan 34,01. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan
bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan pembelajaran konvensional
efektif secara simultan ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi
belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten. 2) model
pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif secara simultan dibandingkan
model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan
motivasi belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten.
Kata kunci: Team Accelerated Instruction (TAI), Kemampuan Berpikir Kreatif,
Motivasi Belajar.Darwis Cahyo NugrohoR. Rosnawati