Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:59:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-11T02:54:21Z2019-01-29T18:22:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9894This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/98942013-02-11T02:54:21ZPENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA
TUNARUNGU KELAS 3 DI SLB AS-SYIFA
LOMBOK TIMURPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa tuna rungu kelas 3 di SLB As-Syifa Lombok Timur dengan
menggunakan metode mind map.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu 3
siswa tuna rungu kelas 3 di SLB As Syifa. Desain penelitian menggunakan desain
Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan
data dilakukan dengan tes kemampuan membaca pemahaman, observasi, dan
wawancara. Metodeanalisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan
penyajian data dalam bentuk table dan grafik histogram.
Hasil penelitian ini adalah metode mind map dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa tuna rungu kelas 3 di SLB As-Syifa. Metode mind map
digunakan dalam memahami bacaan melalui beberapa pertanyaan yang dibuat dalam
setiap cabang mind map. Siswa mengisi semua cabang pertanyaan dan jawaban di
mind map dengan bimbingan guru. Kemudian menambahkan gambar pada masingmasing
cabang. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu
dicapai dengan menerapkan metode mind map dan subjek diberikan reward pada saat
subjek dapat menjawab serta punishment pada saat subjek tidak berkonsentrasi
selama pembelajaran untuk memotivasi subjek dalam meningkatkan kemampuannya.
Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya pencapaian siswa tuna rungu setelah
dilakukan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode mind
map. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 7,14
kondisi awal 58,72 meningkat menjadi 65, 86 dan peningkatan kemampuan membaca
pemahaman siklus II sebesar 26,89 kondisi awal 58,72 meningkat menjadi 85,61.
Kata kunci: Metodemind map, kemampuan membaca pemahaman, siswa tuna rungu.Setyaningrum Nora Tri