Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:36:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-09-06T05:50:36Z2019-01-30T15:06:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52701This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/527012017-09-06T05:50:36ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
UNTUK MEMBELAJARKAN PROBLEM SOLVING SKILL MELALUI
LATIHAN SOAL PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI POKOK
BAHASAN LAJU REAKSInelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan
mengetahui kualitas multimedia interaktif untuk membelajarkan problem solving
skill melalui latihan soal pada pokok bahasan laju reaksi kelas XI SMA/MA.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation),
dengan tidak melakukan tahap implementasi, sehingga terdapat empat tahap
pengembangan yang dilakukan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, dan
evaluasi. Produk awal multimedia interaktif ditinjau oleh pembimbing dan
dilanjutkan oleh ahli media, ahli materi, dan peer reviewer untuk memperoleh
saran/masuka sebagai bahan pertimbangan revisi I. Produk hasil revisi I
selanjutnya ditinjau kembali kepada lima reviewer untuk memperoleh data
penilaian kualitas multimedia serta saran/masukan sebagai pertimbangan dalam
melakukan revisi II atau penyempurnaan produk akhir.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa multimedia interaktif untuk
membelajarkan problem solving skill melalui latihan soal pada pokok bahasan laju
reaksi. Berdasarkan hasil penilaian lima reviewer, diperoleh skor rerata sebesar 84,8
dan skor maksimal idealnya adalah 100 dengan persentase keidealan 84,8%,
sehingga kualitas media pembelajaran ini termasuk dalam kategori Sangat Baik.
Berdasarkan hasil tersebut, maka multimedia interaktif yang dikembangkan layak
digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik kelas XI SMA/MA- Nopitasari