Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:59:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-20T01:44:06Z2019-10-01T11:38:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44894This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/448942016-12-20T01:44:06ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 1 DEPOKPPL adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga
pendidikan, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan
manajerial kelembagaan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai wahana dan
sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku
kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran
sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan
dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam
merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan
sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator,
problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas
sekolah, baik secara fisik maupun nonfisik.
Pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Depok dilakukan mulai tanggal 18 Juli
sampai dengan 15 September 2015. Setelah melakukan observasi dan mengamati
kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang
dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik
mengajar dan pembuatan administrasi guru, serta melakukan pendampingan kegiatan
OSIS. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 2 kali praktik mengajar
terbimbing dalam 1 minggu. Sedangkan dalam kegiatan OSIS, mahasiswa
melakukan 2 kali pendampingan.
Pada dasarnya, seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik.
Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut
dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa
serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh
pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang
bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.Nofita Saraswati Nofita Saraswati