Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:45:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-23T01:27:17Z2019-10-01T12:03:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40388This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/403882016-08-23T01:27:17ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )
Lokasi SMA Negeri 5 PurworejoPelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu
mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu
syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir
skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan
adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang
profesional sedangkan tujuan program tersebut untuk peningkatan kualitas peserta
didik, sehingga akan menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki
kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan adanya
program ini diharapkan nantinya semua hasil dari program yang telah terlaksana
dapat diteruskan secara berkesinambungan.
SMA N 5 PURWOREJO berlokasi di jalan Magelan Purworejo raya
kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Secara fungsional, fasilitas fisik yang
dimiliki oleh SMA N 5 PURWOREJO sudah lumayan lengkap dan dapat
termanfaatkan secara efektif. Program PPL sendiri terdiri dari program fisik dan
non fisik. SMA N 5 PURWOREJO sendiri merupakan sekolah yang cukup
kondusif dan produktif dilihat dari hasil lulusan yang berhasil masuk ke
universitas ternama di beberapa tempat
Berkenaan dengan hal diatas, maka perlu diadakan pembaharuan tentang
metode belajar yang diharapkan di SMA N 5 PURWOREJO serta administrasi
guru, misalnya dalam hal penyusunan Rencana Pembelajaran dan proses belajar
mengajar. Untuk itu permasalahan tersebut kemudian diangkat sebagai rancangan
dari kegiatan praktek mengajar (PPL), untuk program kegiatan praktek mengajar
kelengkapan administrasi guru harus terpenuhi. Yang meliputi persiapan media
dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat
pembelajaran meliputi pembuatan RPP, dan beberapa administrasi mengajar yang
lain. Sedangkan proses pembelajaraan meliputi penyampaian materi pelajaran.
Semua rancangan kegiatan tersebut sebelumnya telah dikonsultasikan kepada
Guru Pembimbing di masing-masing jurusan.
Secara umum pelaksanaan program-program yang telah disusun dapat
dikatakan terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun terdapat sedikit hambatan.
Namun, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik. Segenap
keberhasilan pelaksanaan praktek pengalaman lapangan ini ditentukan oleh
berbagai pihak, bukan hanya praktikan saja, tetapi dukungan dan kerja sama dari
semua elemen SMA N 5 PURWOREJO.Dengan terselesaikannya kegiatan PPL
ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.Nizal Athfal Anis Nizal Athfal Anis