Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:19:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-18T02:04:31Z2019-01-30T10:30:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40033This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/400332016-08-18T02:04:31ZHubungan Pembelajaran Praktik Pengelolaan Usaha Jasa Boga (PUJB)
Dengan Motivasi Berwirausaha Siswa SMK Negeri Keahlian Tata Boga
Di Daerah Istimewa YogyakartaHubungan Pembelajaran Praktik Pengelolaan Usaha Jasa Boga (PUJB)
Dengan Motivasi Berwirausaha Siswa SMK Negeri Keahlian Tata Boga
Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Oleh :
Nisa Sepdifa P
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui gambaran pembelajaran praktik
kewirausahaan (PUJB) siswa SMK Negeri Keahlian Tata Boga di
DIY;2)mengetahui gambaran motivasi berwirausaha siswa dalam pembelajaran
praktik pengelolaan suaha jasa boga (PUJB) di SMK Negeri Keahlian Tata Boga
DIY;3)untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran praktik kewirausahaan
dengan motivasi berwirausaha siswa SMK Negeri Tata Boga di Provinsi DIY
Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2011sampai dengan Februari 2012.
Tempat penelitian pada SMK Negeri Jurusan Tata Boga Provinsi DIY antara lain :
SMK N 6 Yogyakarta, SMK N 4 Yogyakarta, SMK N 1 Sewon, SMK N 2
Godean, dan SMK N 3 Wonosari. Desain penelitian menggunakan ex-post facto,
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 430 peserta didik. Penentuan sampel
menggunakan jenis simple random samplingsebanyak 228 peserta didik. Uji coba
instrumen di SMK N 3 Wonosari dengan 30 orang responden. Hasil Uji Coba
Validasi menggunakan perhitungan korelasi Product Moment dan hasil
Reliabilitas menggunakan perhitungan Cronbach Alpha dengan hasil 0,697 yang
berarti reliabilitas penelitian baik. Pengumpulan data penelitian menggunakan
teknik Observasi dan teknik Angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas
dan linieritas.
Hasil Penelitian ini adalah 1) hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk
variabel pembelajaran praktik kewirausahaan observasi tertinggi berada pada nilai
15 dengan frekuensi 45 atau 48,2% dan terendah berada pada nilai 8 dengan
frekuensi 2 atau 0,9% sedangkan hasil nilai mata pelajaran PUJB nilai tertinggi
berada pada nilai 95 dengan frekuensi 70 dan terendah berada pada nilai 72
dengan frekuensi 2 ;2) kecenderungan variabel motivasi berwirausaha kategori
yang paling mendominasi ada di interval 81-95 dengan kategori sedang;3)terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran praktik kewirausahaan
(PUJB) dengan motivasi berwirausaha siswa SMK Negeri Tata Boga di Provinsi
DIY dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,216>0,113 sehingga
hipotesis diterima.
Kata kunci : Pembelajaran Praktik Kewirausahaan (PUJB),
Motivasi BerwirausahaNisa Sepdifa P Nisa Sepdifa P