Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:46:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-16T03:47:52Z2019-01-30T13:34:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48115This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/481152017-03-16T03:47:52ZPENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MAGNET SUMBERDAYA ALAM DIY MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV di SDN MINOMARTANI 6Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan magnet sumberdaya alam layak pakai pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV SD. Media papan magnet sumberdaya alam ini dikembangkan guna mempelajari pelajaran IPS materi sumberdaya alam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode reseach and development yang berorientasi pada produk. Model pengembangan yang digunakan adalah teori dari Reiser dan Mollenda. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli media dan uji coba awal (3 siswa), uji coba lapangan utama (6 siswa), uji coba lapangan oprasional (12 siswa), melibatkan siswa kelas IV SD Negeri Minomartani 6 Ngaglik Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan magnet sumberdaya alam ini layak digunakan dalam pembelajaran IPS khususnya sumberdaya alam yang ada di DIY untuk sekolah dasar kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian ahli materi memperoleh kategori sangat layak (4,37), penilaian ahli media kategori sangat layak (4,72). Hasil uji lapangan operasional SDN Minomartani 6 kelas IV mengenai media papan magnet setelah diadakan uji coba lapangan awal skor 25.5%. Uji coba lapangan utama memperoleh skor 52.55% dan uji coba lapangan operasional memperoleh penilaian 86.53% yang dikategorikan layak. Dapat diartikan bahwa media papan magnet sumberdaya alam layak digunakan untuk mempelajari materi sumberdaya alam.
Kata kunci: papan magnet, sumberdaya alam DIY, IPSArfinda Chairun Nisa