Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:43:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-07-16T03:36:33Z2019-07-16T03:36:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64582This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/645822019-07-16T03:36:33ZPENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MOYUDANPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Moyudan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Moyudan sejumlah 245 siswa dengan sampel sebanyak 152 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan mengelola kelas dan kedisiplinan belajar. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruksi. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mengelola kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Moyudan, terbukti dari persamaan regresi Y = 41,675 + 0,506 X dengan nilai R square sebesar 0,506 dan t hitung sebesar 7,180. Keterampilan mengelola kelas berpengaruh sebesar 25,6% terhadap kedisiplinan belajar siswa, sedangkan 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain, terbukti dari nilai R square sebesar 0,256.
Kata kunci: keterampilan mengelola kelas, kedisiplinan belajar, sekolah dasarRetno Wulan Kartika Ningrum